Superkomputer

Komputer ini merupakan komputer yang powerful yang ada. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.

Superkomputer adalah manipulator angka berkecepatan sangat tinggi yang digunakan terutama untuk aplikasi-aplikasi ilmiah dan rekayasa. Generasi baru dari superkomputer berbeda dari komputer mainframe konvensional dalam penggunaan pemroses paralel. Sebuah komputer bisnis memproses perintah satu persatu dalam sebuah CPU tunggal. Pemrosesan paralel mencakup penggunaan dari ribuan CPU kecil untuk memproses secara simultan bagian-bagian dari tugas matematika yang telah dipecah menjadi banyak sub tugas. Perbedaannya adalah seperti meminta seseorang untuk menemukan semua nama di dalam sebuah direktori telepon yang nama pertamanya adalah James.

Superkomputer adalah sebuah komputer yang berada di garis depan kapasitas pengolahan saat ini, terutama kecepatan perhitungan.

Supercomputer digunakan untuk perhitungan-tugas yang sangat intensif seperti masalah yang melibatkan fisika kuantum , prakiraan cuaca , riset iklim, pemodelan molekul (komputasi struktur dan sifat senyawa kimia, biologi makromolekul , polimer, dan kristal), simulasi fisik (seperti simulasi pesawat terbang dalam terowongan angin , simulasi ledakan senjata nuklir , dan riset fusi nuklir ).

Relevan di sini adalah perbedaan antara kemampuan komputasi dan kapasitas komputasi, sebagaimana didefinisikan oleh Graham et al. Komputasi Kemampuan biasanya dianggap sebagai menggunakan daya maksimum komputasi untuk memecahkan masalah besar di waktu terpendek. Often a capability system is able to solve a problem of a size or complexity that no other computer can. Capacity computing in contrast is typically thought of as using efficient cost-effective computing power to solve somewhat large problems or many small problems or to prepare for a run on a capability system. Seringkali sebuah sistem kemampuan mampu memecahkan masalah ukuran atau kompleksitas bahwa tidak ada komputer lain dapat kontras. Kapasitas komputasi dalam biasanya dianggap sebagai menggunakan daya komputasi yang efektif biaya yang efisien untuk menyelesaikan problem yang agak besar atau masalah kecil banyak atau untuk mempersiapkan lari pada sistem kemampuan.

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Supercomputer

http://www.total.or.id/info.php?kk=Supercomputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: